74. Batik Terpanjang di Dunia


Batik on the road

Pekalongan adalah satu di antara tiga penghasil batik terbesar di Indonesia selain Solo dan Yogyakarta. Batik Pekalongan terkenal dengan motifnya yang bermacam-macam dengan warna terang. Pada 16 September 2005, sebanyak 1.000 pebatik dari Pekalongan Batik Community mempersembahkan lukisan batik yaitu 1.200 meter persegi.
Atas kerja keras mereka, panitia Buku Rekor Dunia Guinness menobatkan batik yang dibuat sebagai lukisan batik terpanjang di dunia.

 
75. Pemberhentian Terakhir Penaklukan 7 Gunung Tertinggi di Dunia


Joanne Gambi

Tidak mudah menaklukkan puncak tertinggi di dunia di tujuh benua. Joanne Gambi yang berasal dari Inggris membuktikan bahwa ia mampu menyelesaikan tugas menantang itu. Dimulai di Gunung McKinley Alaska (Amerika Utara), Gambi menyelesaikan pendakian selama 799 hari dan berakhir di Puncak Jaya Wijaya pada 19 Agustus 2005.

 

76. Pendaki Termuda yang Menaklukkan 7 Puncak Tertinggi di Dunia
„Remaja penakluk 7 gunung tertinggi di dunia‟. Itulah gelar yang diberikan kepada Samantha Larson. Gadis berkewarganegaraan Amerika Serikat yang lahir pada 7 Oktober 1988 itu berhasil menaklukkan 7 puncak tertinggi di dunia. Ia sampai di Puncak Jaya Wijaya pada 4 Agustus 2004 saat ia berusia 18 tahun 301 hari.

Samantha Larson
77. Bengkuang Terberat di Dunia
Leo Sutisna, warga Bandung Jawa Barat, mencatatkan dirinya di Buku Rekor Dunia Guinness karena memiliki bengkuang terberat di dunia. Pada 25 Januari 2008, bengkuang tersebut ditimbang dengan bobot 21 kg.

78. Pelatihan Scuba Diving Terbanyak Pesertanya

Scuba diving di Pantai Malalayang, Manado

Dalam rangka menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebanyak 2.465 penyelam berusaha memecahkan rekor dunia pelatihan scuba diving terbanyak pesertanya. Acara yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut pada 16 Agustus 2009 di Pantai Malalayang Manado ini berlangsung sukses dan diberi penghargaan dunia tersebut oleh Guinness.
79. Bermain Orkestra dengan Alat Musik Berasal dari Bambu Terbesar di Dunia

Orkestra bambu terbesar di dunia

 

Pernah melihat beberapa alat musik yang berasal dari bambu, seperti seruling, kulintang, angklung, dan lain-lain, dimainkan dalam satu tempat? Pada 31 Oktober 2009, Benny J. Mamoto menyelenggarakan orkestra alat musik bambu di Stadion Maesa Tondano. Sebanyak 3011 orang diajak untuk memecahkan rekor dunia Guinness. Dan berhasil.

 

80. Kolintang Terbesar di Dunia


Bersamaan dengan pemecahan rekor dunia orkestra bambu, Benny J. Mamoto sekaligus mendapatkan penghargaan atas kolintang terbesar di dunia yang ia ciptakan. Ukuran
kolintang tersebut adalah panjang 8 meter; tinggi 2,5 meter, dan lebar 2 meter.

 

81. Jumlah Pemain Kolintang Terbanyak di Dunia
Cara membunyikan kolintang adalah dipukul. Alat musik ini bersuara merdu dan sangat mudah dimainkan. Asal berlatih keras, kita bisa memainkan kolintang dengan baik.
Sebanyak 1.223 peserta, di hari yang sama pemecahan rekor orkestra bambu, memainkan kolintang secara bersama-sama. Karena jumlahnya yang sangat besar ini, Guinness memberikan penghargaan dunia kepada mereka.

 

82. Terompet Terbesar di Dunia yang Dapat Dimainkan

Terompet terbesar di dunia

Benny J. Mamoto memang sangat kreatif. Selain membuat alat musik, ia juga membikin terompet terbesar di dunia. Ukuran terompet itu adalah panjang 32 meter, diameter 5,20 meter, dan diameter besar 6,8 meter. Ini juga dipamerkan pada acara Seni dan Budaya Manado di Stadion Maesa Tondano.

Advertisements