Tentang sungai. Karena ia berlebar sangat besar. Tidak untuk kali. Sungai Amazon yang kudapat kabar di situ hidup ular paling besar di dunia. Dengan gigi tajam berjumlah ratusan, bersisik seperti pisau yang dalam hitungan detik memotong jari jari pemburunya. Atau, di Amazon, tumbuh jutaan tumbuhan yang sangat lebat. Sebagian besar beracun mematikan. Binatang berhati hati pada tumbuhan itu, manusia menghindar jika tahu ajal menjemput saat menyentuhnya.

Ibuku berpesan, ‘Tak usah kau ke Amazon, Nak!’

Dengan nada tertekan, ibu menampilkan wajah kurang berkenan. Menahanku untuk tidak berangkat meneliti keajaiban hutan tropis elok di Benua Amerika itu.

‘Di Indonesia saja. Banyak hutan yang masih butuh kau ketahui.’ tambahnya.
‘Tapi ini tugas kantor, Bunda. Saya tidak bisa menolaknya.’ jawabku.
‘Berhati hatilah kalau begitu.’

***

Hatiku belum mantap. Kubuka buku buku tebal tentang Amazon. Apakah benar cerita menyeramkan tadi? Ular besar, tumbuhan beracun, juga terkadang terlintas adakah hantu hantu pemangsa manusia seperti di tanah airku.

Luar biasa, gambar yang elok tertampil di ensiklopedia ini. Dengan pohon pohon rapat, tanah basah nyaris tak terkena sinar mentari, juga dikatakan baunya sangat khas tropis. Jeritan kera yang bergelantungan ke sana kemari, atau lolongan serigala yang tak harus malam, siangpun ia beraksi. Ya, di hutan di kanan kiri Sungai Amazon. Begitu, buku ini berkata.

Lantas kubandingkan dengan sungai sungai Nusantara. Kuketik kata kata kunci di internet pencari berita; google, Wikipedia, atau yang lain lain.

‘Hutan gundul’
‘Terbakar lahan di hutan A’
‘Sungai X tercemar merkuri’
‘Air tanah berkurang drastis’
‘Banjir tiap tahun’

Hatiku terganggu. Semua berita negatip. Pertanyaanku, sedemikian parahkan hutan dan sungai sungai di tempat lahirku. Dan, lebih dramatis, ada yang memperkirakan Indonesia akan habis dalam 20 tahun mendatang karena tenggelam oleh banjir. Lalu, aku akan beraksi apa untuk sekadar membantu menekan laju kerusakan ini?
‘‘Besok, aku terbang ke Amazon!’’ teriakku dalam hati. ‘’Lupakan sejenak hutan dan sungai di tanah air. Saatnya bertamasya. Barang kali ada hubungannya nanti. Antara Amazon dan di sini.’’

_________

Meribut di http://www.andhysmarty.multiply.com

Terbaru di http://www.duniasirkusdannie.wordpress.com

Menggaul di http://www.facebook.com/Dannie.Travolta