64. Negara Penghasil Kopi Termahal di Dunia

Oprah Winfrey, pembawa acara terkenal, memamerkan kopi luwak ke dunia

Kopi terunik dalam pembuatannya dan termahal di dunia.
Tahukah teman-teman kalau kopi luwak berasal dari biji kopi yang bercampur dengan tinja binatang luwak? Jangan langsung jijik ya. Kita simak cara pembuatan kopi luwak yang dikenal orang sejagad sebagai kopi paling hebat.

Luwak

a. Petani memanen kopi dari pohon. Dipilih yang matang, berwarna merah.
b. Luwak-luwak diberi makan kopi yang telah dipilih tadi. Binatang ini sangat pandai memilih mana buah kopi yang berkualitas. Di dalam tubuh luwak, ia hanya mencerna daging buah kopi. Terjadi proses fermentasi dan ke luar masih dalam bentuk biji bersama tinja (feces).
c. Biji kopi kemudian dibersihkan dan siap diproses lebih lanjut.

Feces luwak yang bercampur biji-biji kopi

Inilah kopi termahal di dunia yang ada di Indonesia: KOPI LUWAK

Selain proses pembuatannya yang super, kelebihan kopi luwak ternyata terletak pada cita rasanya yang enak. Tidak pahit, segar, dan rendah kandungan asam sehingga aman bagi lambung. Tertarik untuk mencoba?

65. Negara Penghasil Cengkeh Terbesar di Dunia


Salah satu yang dicari Bangsa Eropa ke Indonesia pada zaman dahulu adalah cengkeh. Cengkeh menjadi terkenal karena khasiatnya yang sangat bagus untuk menawarkan berbagai penyakit. Gangguan pernapasan, pencernaan, kolera, asma, dan sakit gigi adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan cengkeh.
Banyak dihasilkan di Kepulauan Maluku, Aceh, Sumatera, Lampung, legenda cengkeh sudah ribuan tahun dipakai oleh
Raja Tiongkok dan Persia untuk menambah kecantikan dan kesehatan raja dan ratu di sana. Cengkeh bisa diolah menjadi bahan kosmetika untuk melembutkan wajah dan kulit.
66. Negara dengan Jumlah Hutan Bakau Terluas di Dunia



Hutan bakau

Hutan bakau berada di sekitar pantai. Ia sangat berguna untuk mengurangi gempuran ombak sehingga pantai aman dari gerusan (abrasi). Kalau hutan bakau tidak ada pantai akan terus bergeser dan berbahaya bagi permukiman penduduk.
Luas hutan bakau di Indonesia berkisar antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar. Menjadi yang terluas di dunia melebihi Brasilia dengan 1,3 juta hektar, Nigeria 1,1 juta, dan Australia 0,97 juta hektar.
Namun hutan bakau mulai berkurang karena dibabat oleh penduduk dan digunakan sebagai kayu bakar. Jika tidak dilakukan pencegahan, bisa jadi hutan bakau di negeri kita akan lenyap.