G. Indonesia Paling karena Kekayaan Floranya
56. Negara dengan Bunga Terbesar di Dunia


Rafflesia Arnoldi

Berkunjunglah ke Bengkulu saat Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldi sedang mekar. Pasti kalian akan heran. Bunga terbesar di dunia itu menghasilkan bau busuk yang sangat menusuk hidung. Sebenarnya, itu adalah cara bunga untuk menarik minat serangga menempel di kelopaknya untuk nanti dimakan.
Bunga Rafflesia Arnoldi tercatat sebagai bunga paling besar di dunia dan tempat hidup aslinya di Provinsi Bengkulu. Berukuran diameter mencapai 90 cm dan berat sampai dengan 11 kilogram.

 
57. Negara dengan Kumpulan Bunga Terbesar di Dunia
Krubi atau Titan Arum (Amorphophallus titanium) adalah sekumpulan bunga kecil yang paling besar di dunia. Sama dengan Rafflesia Arnoldi, bunga ini khas mengeluarkan bau sangat busuk sehingga disebut juga Bunga Mayat.
Tinggi bunga Krubi mencapai 7 hingga 12 kaki dan berat sampai dengan 170 pound.


58. Negara dengan Jumlah Spesies Kantung Semar Terbanyak di Dunia
Kalau tumbuhan biasa mencari makanan dari akar, Kantung Semar (Nepenthes sp.) memperoleh makanan dengan menjebak serangga. Bagaimana proses Kantung Semar memangsa serangga?
a. Serangga tertarik oleh getah nectar yang dihasilkan oleh kantung tanaman.
b. Waktu serangga menyerap makanan pada kantung semar, ia terjebak di dalamnya.
c. Kantung semar mengeluarkan bahan kimia di dalam tubuhnya untuk menghancurkan serangga tersebut.
Kantong Semar bisa ditemukan di Indonesia dan Malaysia.

Kantung semar

 

59. Negara dengan Pemilik Anggrek Terbesar di Dunia


Bunga cantik yang banyak digemari untuk dipelihara di Indonesia adalah anggrek. Terdapat berbagai jenis anggrek yang tersebar di seluruh negeri kita. Hutan tropis Indonesia menjadi tempat hidup paling cocok bagi anggrek karena kelembapannya.
Grammatophyllum Speciosum atau Anggrek Macan merupakan anggrek terbesar di dunia. Berbunga hanya sekali dalam 2 sampai 4 tahun, total beratnya sampai dengan 2.000 kg.