41. Negara dengan Ular Sekaligus Reptil Terpanjang di Dunia

Pulau Sulawesi memang kaya akan keanekaragaman fauna (hewan). Satu lagi, ular paling besar di dunia terdapat di pulau yang berbentuk huruf „K‟ tersebut. Rekor dunia dipegang oleh Sanca Kembang Sulawesi (Phyton reticulatus) yaitu sepanjang 10 meter yang ditemukan pada tahun 1912.

 

42. Negara dengan Burung Pemangsa Terkecil di Dunia


Pernahkah kalian melihat ayah bersiul dan meras terhibur dengan burung piarannya di kandang? Sangat menyenangkan mempunyai burung sebagai teman bermain, ya? Asal kita memberi makan dan minum secara teratur, juga membersihkan kandangnya, burung piaraan kita akan sehat. Selain kicauannya merdu, ia akan berbulu indah.
Oya, teman-teman, Indonesia bagian timur tercatat memiliki burung terkecil di dunia. Di Pulau Kalimantan, kita bisa menemui dua burung yaitu Falkon berkaki hitam (Microphierax fringlius) dan Falkon berkaki putih (Microphierax latifrons). Panjang badan kedua burung ini sekitar 5,5 – 6 cm dan berat 1,25 ons.
Pulau Papua juga terdapat burung kakatua terkecil yaitu Kakatua Pygmy dengan panjang 8 cm.

 

43. Negara dengan Jumlah Kupu-kupu Swallowtail Terbanyak di Dunia

 

Di bangku sekolah, bapak atau ibu guru sering mengajarkan proses metamorfosis kupu-kupu. Berawal dari ulat, menjadi kepompong, kemudian kupu-kupu yang cantik terbang mengitari taman bunga kita.
Bersama Brasil, Indonesia memiliki jenis kupu-kupu yang sangat beragam. Di dunia, 20.000 spesies kupu-kupu berterbangan.

Sementara sekitar 2.500 spesiesnya hidup di Kepulauan Nusantara kita. Karena pulau di Indonesia sangat banyak, kupu-kupunya sangat unik. Mereka hanya bisa hidup di satu pulau tersebut.
Pulau Sulawesi menjadi tempat paling cocok untuk berkembang kupu-kupu di Indonesia. Sebanyak 557 jenis yang ada di sana, 239 jenisnya hanya bisa hidup di pulau tersebut. Sedangkan Indonesia sendiri memegang rekor sebagai negara dengan jumlah kupu-kupu Swallowtail terbanyak di dunia.

 

44. Negara dengan Ngengat Terbesar di Dunia

 

Coscinocera hercules

Dalam legenda Kerajaan Yunani, nama Hercules sangat terkenal. Ia adalah anak Dewa Zeus yang bertubuh sangat besar. Ngengat raksasa mengambil nama dari Hercules, menjadi Coscinocera hercules.
Tempat hidup ngengat di Papua sampai dengan Benua Australia bagian utara. Tubuh ngengat betinanya sangat besar dengan rentang sayap hingga 25 sentimeter.

 

45. Negara dengan Jumlah Spesies Mamalia Terbanyak di Dunia


Aneka Mamalia
Perhatikan kucing di rumah kalian yang sedang menyusui anak-anaknya. Atau, kambing betina yang dengan sayangnya memberi susunya kepada anak-anaknya. Kucing dan kambing adalah dua contoh hewan mamalia. Mamalia merupakan hewan menyusui. Sapi, macan, atau ikan paus adalah contoh lain.
Di dunia, mamalia terdapat 5.000 jenis dan 1.800 di antaranya ada di Indonesia. Ini berarti 36% mamalia hidup dan berkembang biak di tanah air kita. Sungguh kaya bukan? Kita wajib menjaga hewan mamalia dengan merawatnya.

 

46. Negara dengan Mamalia Terbesar di Dunia

Jangan anggap paus bertelur seperti ikan-ikan di akuarium kita. Tubuhnya yang sangat besar dan hidup di lautan bebas, paus berkembang biak dengan melahirkan anaknya. Setelah ke luar, mereka disusui oleh induknya agar tumbuh sehat.
Paus Biru (Balaenoptera musculus) yang berada di perairan Indonesia merupakan mamalia terbesar yang ada di bumi ini. Namun, jumlahnya semakin sedikit sehingga perlu dijaga agar tidak punah.

 

47. Negara dengan Lebah Terbesar di Dunia

 


Megachile Pluto (Wallace‟s Giant Bee) berukuran untuk lebah betina mencapai 39mm dengan panjang lebar sayap sebesar 63 mm. Sementara sang jantan hanya tumbuh sekitar 23 mm. Pertama kali ditemukan di Indonesia pada tahun 1859 oleh naturalis Alfred Russel Wallace, lebah ini adalah lebah terbesar di dunia.