36. Negara dengan Ikan Terkecil di Dunia

 

Kalian pasti tidak percaya ada ikan sebesar nyamuk? Tapi di Indonesia punya ikan sekecil itu. Itulah uniknya Indonesia. Nama ikan itu adalah ikan Paedocypris dengan panjang tubuh 7,9 mm. Uniknya, Paedocypris tidak memiliki tulang kepala dan tubuhnya transparan (tembus pandang). Bagaimana kita bisa menangkapnya, ya?


Ikan jenis ini banyak ditemukan di rawa-rawa Sumatera dan perairan yang sangat asam. Sifatnya yang susah dikembangbiakan, menjadi tantangan kita untuk melestarikannya.

 

37. Negara dengan Penyu Laut Terbanyak di Dunia

 
Penyu berkembang biak dengan bertelur. Penyu Betina saat masa bertelur akan menuju pantai berpasir, menggalinya untuk menyimpan telur-telurnya. Karena suhu pasir yang hangat, telur yang berjumlah ratusan akan menetas dan belajar menuju laut untuk berenang.


Indonesia sangat kaya dengan penyu laut. Terdapat 6 dari 7 jenis penyu laut yang ditemukan di Indonesia. Ini berarti perairan Indonesia adalah tempat paling nyaman untuk hidup penyu laut. Jenis-jenis penyu tersebut adalah:
– Penyu sisik (Eretmochelys imbricata)
– Penyu hijau (Chelonia myda)
– Penyu lekang (Lepidochelys olivacea)
– Penyu belimbing (Dermochelys coriacea)
– Penyu pipih (Natator depressus)
– Penyu tempayan (Caretta caretta)

 

38. Negara dengan Spesies Hiu Terbanyak di Dunia

 

Dalam bayangan kita, ikan hiu sangat mengerikan dan akan menerkam orang di pantai. Tenang saja, ikan hiu tidak akan marah jika kita tidak mengganggunya.
Perairan Indonesia memiliki 150 spesies hiu. Tercatat di situ terdapat hiu paus, whale shark, atau dikenal juga hiu geger lintang (Rhincodon typus) yang merupakan ikan terbesar di dunia dengan panjang 65 meter dan berat 37.000 kg.

 

39. Negara dengan Kadal Terbesar di Dunia

 


Varanus komodoensis. Ya, itulah nama ilmiah hewan purba satu-satunya yang masih tersisa di bumi ini. Komodo. Atau orang sering pula menyebut dragon, naga. Berukuran panjang 3 meter dan berat tubuh sampai dengan 90 kg, binatang ini hanya hidup di Pulau Komodo, Kepulauan Flores, Nusa Tenggara.
Komodo berkembang biak dengan bertelur. Satu yang menjadi cirri khas komodo adalah air liurnya yang sangat mematikan karena mengandung bakteri berumur jutaan tahun. Namun, akhir-akhir ini jumlah binatang langka ini semakin merosot karena perburuan yang tidak bertangggungjawab. Oleh karena itu pemerintah Indonesia menetapkan Pulau Komodo sebagai Taman Nasional yang di situ komodo harus dilindungi.

 

40. Negara dengan Primata Terkecil di Dunia

 


Di Pulau Sulawesi ditemukan satu spesies primata terkecil di dunia. Ialah Tarsier pygmy atau Tarsius pumilus. Ukuran tubuh Tarsius sangat kecil, dari kepala hingga badan sepanjang 10 sentimeter dan berat kurang dari 57 gram.
Penemuan hewan ini tergolong unik. Pada tahun 2000, ilmuwan Indonesia secara tidak sengaja menemukan satu hewan kecil yang terjebak di jaring. Namun kondisinya telah mati. Masih ada beberapa Tarsius yang masih hidup di belantara hutan Sulawesi. Sejak saat itu, nama Tarsius menjadi terkenal di seluruh penjuru dunia. Dan disebut sebagai hewan primata terkecil di dunia.