“Kita semua bersaudara!”

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda beda tetapi tetap satu, sangat tepat menggambarkan Indonesia. Sebanyak lebih dari 740 suku bangsa bermukim di tanah air. Pulau Papua menjadi daerah yang memiliki banyak suku yaitu 270.
Kerukunan, saling menghormati, dan kesatuan adalah hal paling penting dalam hidup bermasyarakat. Indonesia yang kaya suku bangsa akan kuat kalau itu terjadi.

15. Bahasa Daerah Paling Banyak di Dunia
Coba kita bayangkan hidup di satu tempat, dengan banyak orang, tetapi berlainan bahasa. Pasti bingung kan? Tapi di Indonesia berbeda. Meski ada banyak bahasa, semua saling menghargai. Tidak ada pertengkaran.
Indonesia memiliki bahasa daerah paling banyak di dunia, yaitu 583 bahasa daerah dan 67 dialek. Bahasa Jawa adalah bahasa yang paling banyak dipakai. Untuk mempersatukan seluruh suku bangsa menggunakan Bahasa Indonesia.


16. Negara dengan Jumlah Penduduk Beragama Islam Terbanyak di Dunia

Masjid Istiqlal, Jakarta

Sila pertama Pancasila menyebutkan „Ketuhanan yang Maha Esa‟. Ini berarti Indonesia adalah negeri yang religius, percaya pada kekuasaan Tuhan. Agama menjadi landasan paling pokok dalam kehidupan sehari-hari penduduk Indonesia.
Tercatat Indonesia merupakan Negara dengan penganut agama Islam paling banyak di dunia yaitu sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia.
17. Negara dengan Jumlah Masjid Paling Banyak di Dunia
Masjid Kudus dengan menaranya yang bergaya Hindu,
menyimbolkan kerukunan antar umat beragama
Karena jumlah muslim yang sangat banyak, tentulah masjid di Indonesia ada di mana-mana. Sekitar 800.000 masjid tersebar di seluruh negeri. Masjid menjadi tempat beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Setiap hari masjid makmur dengan orang-orang yang bersembahyang. Dan mencapai puncak saat Bulan Ramadhan (Bulan Puasa).
18. Negara dengan Jumlah Jamaah Haji Paling Banyak di Dunia
Musim haji terjadi pada Bulan Zulhijah. Bagi umat Islam yang sudah mampu, mempunyai uang yang berlebih, kita diwajibakan melaksanakan ibadah haji ke Mekkah, Arab Saudi. Selama sebulan jamaah haji berada di tanah suci untuk berserah diri kepada Allah.
Karena jumlah penduduk yang sangat banyak, Indonesia mengirim jamaah haji yang banyak pula. Pada tahun 2010, kita mengirim jamaah haji sebesar 211.000 orang.
19. Negara dengan Jumlah Penabung Terbanyak di Dunia
Teman-teman masih ingat pepatah „Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya‟ bukan? Kalau kita rajin menabung, selain belajar berhemat, kita juga punya uang simpanan untuk membeli seragam dan sepatu waktu kenaikan kelas. Tentu ini akan membantu ibu dan ayah.
Tahukan kita kalau Indonesia memiliki jumlah penabung terbanyak di dunia? Sebanyak 31 juta orang tercatat merupakan penabung aktif. Membanggakan sekali dan membantu kelancaran ekonomi di tanah air.
20. Negara dengan Jumlah Bank Syariah Terbanyak di Dunia
Bank Syariah adalah bank yang berlandaskan hukum Islam. Bank ini akan membagi hasil dari uang yang ditabung dengan sangat adil. Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar dunia memiliki bank syariah terbanyak di dunia yaitu 33 bank dan 46 lembaga asuransi syariah.
21. Negara dengan Sertifikasi Halal Paling Diakui Dunia
Dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, kebutuhan jaminan akan makanan yang halal sangat diperlukan. Saat ini, Indonesia sudah memiliki sebuah tempat rujukan halal yaitu Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).
Lembaga ini telah diakui 41 badan makanan dunia yang berada di ASEAN, Kanada, Inggris, Belanda, Belgia, Turki, Jepang, dan AS. Untuk masa depan, Indonesia berkeinginan menjadi Pusat Halal Dunia.