5. Negara dengan Pulau yang Memiliki Gunung Berapi Paling Banyak di Dunia (Pulau Jawa)

Gunung Merapi meletus

Gunung adalah sebuah anugerah dari Tuhan. Air yang kita minum sehari-hari berasal dari pegunungan. Material seperti batu dan pasir yang digunakan untuk membangun rumah, juga berasal dari gunung. Belum lagi pemandangan yang sangat elok saat kita mendakinya. Wujud keagungan Tuhan.
Namun, Indonesia tidak lepas dari ancaman bencana alam yaitu letusan gunung berapi. Ada sebanyak 400 gunung berapi di Indonesia dengan 129 buah yang aktif.
– Pulau Sumatra : 30 gunung berapi aktif
– Pulau Jawa : 35 gunung berapi aktif
– Puau Bali dan Nusa Tenggara : 30 gunung berapi aktif
– Pulau Sulawesi : 18 gunung berapi aktif
– Kepulauan Maluku : 16 gunung berapi aktif.
Pulau Jawa ditetapkan sebagai pulau dengan jumlah gunung berapi aktif terbanyak di dunia.
6. Negara dengan Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat di Dunia

Gunung Tambora

Pada 5 April 1815 Gunung Tambora meletus sangat keras. Debu-debu disemburkan oleh gunung berapi yang terletak di Kabupaten Bima, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Bunyi letusan terdengar sampai jarak 2.000 kilometer. Peneliti menyebutkan sebanyak 92.000 orang tewas.
Tidak hanya Indonesia yang merasakan akibat letusan Gunung Tambora. Setahun setelah kejadian, Amerika Utara dan Eropa tidak mengalami musim panas. Cuaca dingin mengancam dan menyebabkan gagal panen dan kelaparan paling mengerikan pada abad ke-19.

7. Negara dengan Danau Vulkanik Paling Besar di Dunia

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau vulkanik adalah danau yang terjadi akibat letusan gunung berapi. Ukuran Danau Toba sangat besar yaitu panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Terletak di Provinsi Sumatera Utara, danau ini menjadi tujuan wisata karena di tengahnya terdapat Pulau Samosir.
Kalau kita ingin menikmati keindahan alam di Danau Toba, Pulau Samosir, dan budaya Batak, berwisata bersama keluarga akan sangat menyenangkan.

8. Negara dengan Gempa Paling Lama di Dunia

Gempa dan Tsunami Aceh tahun 2004

Gempa datang sewaktu-waktu. Menyelamatkan diri terutama kepala dengan bersembunyi di bawah meja, atau ke luar dari rumah, akan mengurangi akibat dari gempa. Tidak usah kuatir. Gempa adalah peristiwa alam yang biasa. Tinggal bagaimana kita berusaha hidup berdampingan dengan alam dengan baik.
Indonesia tercatat pernah mengalami gempa bumi paling lama di dunia yaitu pada 26 Desember di Samudera Hindia di Sumatera. Lama gempa antara 8 menit 20 detik sampai 10 menit dan berkekuatan 9,1-9,3 Skala Richter.

9. Negara dengan Aktivitas Petir Terbanyak di Dunia.


Petir

Petir atau halilintar biasa muncul saat musim hujan. Langit terlihat ada kilatan cahaya yang menyilaukan mata, disertai dengan bunyi yang keras. Guiness Book of World Record, lembaga pencatat rekor dunia, melaporkan bahwa Daerah Cibinong di Jawa Barat merupakan kawasan dengan kejadian petir paling banyak di dunia yaitu 322 hari selama setahun (365 hari).

10. Negara dengan Taman Nasional Terbesar di Dunia

Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh – Sumatera Utara

Taman nasional adalah kawasan hutan yang dilindungi oleh pemerintah. Ia dijaga agar hasil hutan beserta satwa di dalamnya tidak punah dan terus lestari. Memiliki luas 1.094.692 hektar, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) terletak di dua provinsi yaitu Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Jadi pemeliharaan dilakukan oleh dua provinsi tersebut.
TNGL disebut sebagai taman nasional terbesar di dunia yang memiliki 350 spesies burung dari 380 spesies burung yang ada di dunia. Dan sekitar 129 dari 205 spesies mamalia di dunia berada di taman nasional ini. Empat satwa dilindungi yang hidup di taman ini yaitu Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Badak Sumatera, dan Orangutan Sumatera. Area ini digunakan sebagai tempat penelitian, budidaya hutan, pelestarian hewan, pariwisata, dan lain-lain.

11. Negara dengan Danau Lumpur Terluas di Dunia

Danau Lumpur Porong

Danau lumpur Porong mulai muncul pada 29 Mei 2006. Dua hari setelah gempa bumi di Yogyakarta, pengeboran gas alam di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur mengalami kejadian di luar kendali manusia. Dari perut bumi ke luar lumpur panas yang secara terus-menerus menenggelamkan rumah-rumah penduduk. Tinggi genangannya mencapai 6 meter. Hampir 8.200 warga diungsikan karena tempat tinggal mereka sudah tidak aman lagi karena lumpur tersebut.
Setiap hari danau ini menghasilkan 5.000 hingga 50 ribu meter kubik lumpur panas yang setara dengan 690 truk peti kemas. Ini menarik minat para peneliti dunia untuk mencari tahu penyebab dan penyelesaian kasus lumpur Porong. Sehingga Danau Lumpur Porong dianggap sebagai danau lumpur terluas di dunia.

12. Pulau Bali adalah Pulau Terbaik se Asia Pasifik

Pulau Bali

Siapa tidak kenal dengan Bali? Pariwisata Bali sudah sangat dikenal di mancanegara. Banyak turis asing berdatangan ke Bali untuk berlibur. Begitu juga dengan turis lokal yang berasal dari negeri kita sendiri. Teman-teman perlu ketahui kalau Pulau Bali dinobatkan sebagai Pulau Tujuan Pariwisata Terbaik dse Asia Pasifik.
Majalah Wisata „DestinAsia‟ dari Hong Kong yang memberi penghargaan itu. Pulau Bali terpilih sebanyak empat kali berturut-turut dan sekurang-kurangnya mendapat 25 penghargaan internasional.
Bali memang kebanggaan Indonesia dan dunia.

13. Spa Pulau Bali adalah yang Terbaik di Dunia


Spa Bali

Selain keindahan alamnya yang sangat memukau, Pulau Bali juga dikenal dunia karena spa. Mau tahu apa itu spa? Spa adalah perawatan tubuh menggunakan wangi-wangian (aromaterapi) sehingga badan yang capai menjadi segar kembali.
The Conde Nast Traveller Annual Reader‟s Spa Awards menyebutkan dua tempat spa di Bali merupakan yang terbaik di dunia.
a. Thermes Marins Bali, Ayana Resor and Spa
b. Amandari Spa.
Kalau kita berkunjung ke sana, kita akan disuguhi pemandangan tepi pantai yang membuat hati tenang.