155 Punya Indonesia yang Paling di Dunia!
oleh Dannie Travolta dan Bunda Chezya

Indonesia kaya akan segalanya. Gunung ada di mana-mana. Laut, negara kita ada di tengah-tengah lautan. Belum lagi hutan dan kekayaan di dalamnya. Orang-orangnya juga sangat banyak, terdiri dari berbagai macam suku. Semua hanya ada di Indonesia negeri kita tercinta.
Tuhan telah memberi anugerah yang sangat besar bagi kita. Sayang kalau semua tidak kita pelihara. Agar kita bisa mengenal lebih jauh Indonesia, ayo kita baca buku „150 Hal Paling Unik tentang Indonesia‟. Pasti seru dan menambah rasa bangga dan cinta kepada tanah air.

Indonesia terus berkibar di langit dan dadaku

A. Indonesia Paling karena Wilayahnya

Indonesia terletak di dua benua, Asia dan Australia. Lebih tepatnya, kita berada di wilayah Asia Tenggara. Karena itu negeri kita disebut kepulauan. Dan untuk kesehari-harian, kita akrab menyebut Indonesia sebagai Nusantara atau „tanah air‟.

1. Negara Kepulauan Terbesar di Dunia


Tahukah kamu kalau jumlah pulau di Indonesia sangat banyak? Ada 18.304 pulau dengan 7.870 pulau yang sudah diberi nama dan 9.634 belum bernama. Sedangkan baru 6.000 pulau yang berpenghuni.
Catatan menarik menyebutkan kalau 3 pulau dari 6 pulau terbesar di dunia berada di Indonesia. Mereka adalah Kalimantan (luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2). Tidak berlebihan

Indonesia yang wilayah darat dan airnya sangat luas disebut sebagai Kepulauan Terbesar di Dunia.
Kita bisa membayangkan, Indonesia pasti memiliki hasil bumi seperti perikanan, pertanian, tambang, perkebunan melimpah ruah. Kalau kita mampu mengelolanya dengan baik, Indonesia yang sudah kaya ini akan semakin maju.

 

2. Negara Maritim Terbesar di Dunia

Kapal Phinisi

Sejarah Indonesia mengatakan moyang kita adalah pelaut yang tangguh. Tidak hanya mampu mengarungi laut dengan pantang menyerah, tetapi juga pandai berdagang. Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, ataupun Kerajaan Bugis Makassar menjadi bukti kebesaran moyang kita di Lautan Nusantara.
Indonesia dikenal sebagai negara maritim terbesar di dunia karena luas lautnya sebesar 93.000 km2. Selain itu, panjang garis pantai Indonesia nomor dua di dunia yaitu 81.000 km setelah Kanada yang bergaris pantai 91.000 km.

3. Negara dengan Pulau Paling Padat di Dunia

Pulau Jawa

Terletak di bagian selatan Indonesia, Pulau Jawa memiliki luas wilayah 126.700 km2 dan terdiri dari enam provinsi:
– Provinsi Banten
– Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
– Provinsi Jawa Barat
– Provinsi Jawa Tengah
– Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
– Provinsi Jawa Timur
Jawa merupakan pulau paling padat di dunia. Dengan jumlah penduduk 136 juta, tingkat kepadatan pulau adalah 979 jiwa per km2. Pulau terpadat di dunia selanjutnya adalah Honshu (Jepang) dan Britania Raya (Inggris).

4. Negara dengan Pulau Buatan Paling Padat di Dunia

Pulau Bungin, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Pulau buatan terpadat di dunia ada di Indonesia. Kalau kita bertamasya ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, mampirlah ke Pulau Bungin. Dengan penduduk sebanyak 3.045 jiwa dan 708 kepala keluarga, luas pulau buatan ini hanya 7 hektar. Jadi 1 meter persegi ditempati oleh empat orang. Sangat berjubel bukan?