Setelah Bibit Waluyo yang bertweet di dunia nyata dengan kata ‘bodoh’, Yusril Ihza Mahendra juga seakan tersihir untuk melakukan hal yang sama. Ia beradu mulut dengan Kejaksaan Agung dengan mengucap kata tidak pantas. ‘Bodoh’ juga. Apakah ini sinyal akan semakin lemahnya etika bertutur kata di negeri ini?

Kegemaran buruk itu menular. Kebaikan itu tidak serta merta diserap oleh otak untuk diucapkan atau dilakukan. Dan, bahasa adalah hal yang sangat cepat untuk saling bertukar. Karena manusia berkomunikasi dengan verbal. Sebagian besar, 90% dalam kehidupannya. Selebihnya 10% dengan bahasa tubuh, yang biasanya diterapkan oleh sahabat sahabat kita yang difabel.

Kita ambil contoh dalam sebuah keluarga. Apa yang ditiru seorang bayi dari ibu dan ayahnya? Tentu, ucapan mereka. Ibu memancing anaknya dengan obrolan, sehingga sang bayi akan terpacu saraf saraf di otaknya untuk berkembang. Saking penting peran bahasa bertutur, moyang kita tak segan berpesan:

‘Mulutmu harimaumu.’

Ini memang benar. Menjaga tutur kata menunjukkan seberapa tinggi derajat seseorang dalam hidup ini. Memang, tidak ada ukuran yang jelas, masing masing orang punya standar. Tapi, para bangsawan terkesan elegan dan bermartabat karena tidak asal ngomong. Mereka berbicara dengan tertata dan penuh kesadaran jika omongan mereka bertuah. Namun, ini sebuah perkecualian untuk Raden Roy Suryo. Tidaklah pantas untuk mengukur seberapa besar kualitas dirinya. Meski bergelar bangsawan, Roy masih kerepotan untuk menunjukkan kualitas berbahasanya.

Bagaimana dengan para pejabat negeri kita tercinta Indonesia?

Waktu demi waktu, pejabat kita sudah berubah menjadi iblis. Seakan mereka terbuai dengan apa yang telah diterima sekarang. Sudah duduk di bangku empuk kantor elit, berhenti pula tugas mereka sebagai makhluk Tuhan. Menjadi angkuh adalah pilihan mereka. Dengan gelar akademis yang berentetan, mereka lupa jika menjaga bahasa adalah mutlak.

Yusril Ihza Mahendra siapa yang meragukan kualitas pemikiran beliau?

Bibit Waluyo siapa yang menampik ia adalah tentara hebat?

Tapi, jika mereka mengucapkan kata kata tidak senonoh, HABIS!

 

Meribut di http://www.andhysmarty.multiply.com

Terbaru di http://www.duniasirkusdannie.wordpress.com

Menggaul di http://www.facebook.com/Dannie.Travolta

Advertisements