Jika Anda terpancing judul film ini yang berkesan garang, agaknya anggapan itu musnah dalam durasi 1 jam 56 detik. The Fighter menyorot kehidupan Micky Ward dan keluarganya yang nyaris minim adegan berdarah darah. Mengejutkan memang, jika biasanya film petarung ring memperlihatkan lebam lebam di wajah, atau berakhir tragis dengan kematian, David O. Russel sebagai sutradara mengurai perjalanan karir si petinju lewat jalur keluarga.

Karir tinju profesional Micky Ward (Mark Wahlber), tengah mengalami masa kritis. Dimanajeri oleh ibundanya dan dilatih Dicky Eklund (Christian Bale), kakak tirinya, tak membuat Micky meroket. Alih alih maju pesat, sang kakak justru terjebak dunia madat dan seks bebas. Padahal Dicky pernah menganvaskan Sugar Ray Leonard. Namun petarung sejati dilahirkan untuk tetap mampu melampaui tantangan hidupnya.

Konflik yang disajikan sangat unik. Bisa dibayangkan, Micky dengan 7 saudara perempuan yang menganggur, ayah tak tegas, kakak pemadat, semua diracik dengan lumayan apik. Tentu ada pula bumbu romansa.

Film ini diangkat dari kisah nyata petinju berdarah Irlandia-AS, Micky Ward, dan berhasil masuk nominasi film terbaik Oscar 2011.

Nilai: 7,5 bintang dari 10.