Judul film: Black Swan

Sutradara: Darren Aronofsky

Pemeran: Natalie Portman, Mila Kunis, Vincent Cassel


Natalie Portman bermain sangat apik di film yang mengisahkan dua karakter bertentangan dalam satu diri seorang penari balet, Nina Sayers. Bekerja sebagai profesional di perusahaan pertunjukan balet beken di Kota New York, Nina harus bersaing dengan banyak penari berbakat. Dan ia mendapatkan peran sangat menantang sebagai Ratu Angsa. Dua sekaligus: Angsa Putih yang baik dan menawan, juga Angsa Hitam yang murka dan tak mengenal rasa.

Ada yang disingkirkan oleh naiknya Nina. Ada penguntit yang siap menyerobot peran Nina. Ada ibu terlampau protektif yang dipunya Nina. Ada Thomas pelatih Prancis nya yang menekannya dengan sangat kejam. Semua itu membelenggu Nina hingga dirinya limbung. Hidup di antara berbagai tekanan, Nina berusaha ke luar dari permasalahan.

Film ini mengandung pesan moral yang spesial, menunjukkan bahwa segala permasalahan hidup sejatinya berasal dari diri sendiri. Ketakutan akan bayangan, tak mampunya menguasai emosi, berhasil disajikan Natalie Portman dengan ekspresi totalnya sepanjang film. Sang sutradara juga berhasil menampilkan kehidupan balet dengan segala kemuraman dan gemerlap, hingga tidak jelas lagi apakah penari balet berada di dunia fiksi atau fakta saking beratnya latihan yang mereka dapat.

Secara khusus, penampilan Natalie Portman layak mendapat 9 bintang dari 10. Sementara film secara keseluruhan berhak memperoleh 8,3 bintang dari 10.