F. Indonesia Paling karena Kekayaan Faunanya
32. Negara yang Memiliki Terumbu Karang Terkaya di Dunia

 


Terumbu karang

Terumbu karang sama dengan rumah. Kalau manusia bertempat tinggal di rumah, ikan-ikan dan tumbuhan laut bertempat tinggal di terumbu karang. Sebenarnya terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang, jadi merupakan makhluk hidup juga.
Indonesia tercatat memiliki 75.000 km2 terumbu karang dan merupakan 17% jumlah terumbu karang di dunia. Namun kondisi ini terus merosot dengan perburuan terumbu karang yang dilakukan oleh nelayan tidak bertanggungjawab. Mereka menjualnya untuk digunakan sebagai hiasan. Ini harus kita hentikan bersama dengan memberi kesadaran pada nelayan. Kalau tidak, Indonesia tidak memiliki lagi kekayaan berupa terumbu karang.

 
33. Negara dengan Spesies Karang Scleractinian Terbanyak di Dunia

Scleratinian

 

Karang Scleractinian disebut juga karang batu atau hewan laut yang mirip dengan anemone laut dengan kerangka keras. Di Indonesia terdapat 82 genera dan 590 spesies sehingga menjadi terbanyak di dunia.

 
34. Negara dengan Kawasan yang Kekayaan Lautnya Tertinggi di Dunia
Papua Barat yang merupakan provinsi termuda di Indonesia (urutan ke-33) mempunyai kekayaan laut yang luar biasa. Menurut ilmuwan yang bernama Mark V. Erdmann, Ph.D, Perairan Raja Ampat yang terletak di Teluk Cendrawasih hidup sekitar 1.352 spesies ikan, karang, dan biota laut. Ini merupakan yang terkaya di dunia.

Peta Raja Ampat, Papua Barat

 
35. Negara dengan Kuda Laut Terkecil di Dunia


Kuda laut terkecil di dunia ada di perairan Indonesia yaitu Satomi pygmy (Hippocampus satomiae). Berukuran hanya 13 mm, kuda laut ini berada di Perairan Pulau Derawan, Kalimantan Timur.

About these ads